Manajemen Pemasaran

Kegiatan manajemen pemasaran disuatu perusahaan harus diorganisasikan dan dikelola dengan baik, artinya pimpinan harus merencanakan pemasaran secara menyeluruh. Untuk itulah perlu falsafah yang dapat memberikan tuntutan kepada usaha pemasaran, sehingga akan tercapai keseimbangan antara kepentingan organisasi, konsumen, dan masyarakat. Falsafah tersebut diimplementasikan dalam bentuk konsep untuk memudahkan pemahaman. Sehubungan dengan itulah dikenal lima konsep dalam manajemen pemasaran, yaitu :

  1. Konsep produksi
    Konsep ini menyatakan bahwa konsumen akan menyukai produk-produk yang terjangkau oleh kemampuan mereka. Karena itu manajemen pemasaran perlu berkonsentrasipada peningkatan efisiensi produksi dan efisiensi distribusi. Konsep produksi ini merupakan alternative yang tepat bila menghadapi dua macam situasi. Pertama, bila permintaan akan suatu produk melebihi pasokan, sehingga perlu di upayakan peningakatan produksi. Kedua, bila biaya tinggi, sehingga produksi perlu diturunkan sambil melakukan perbaika produktivitas.
  2. Konsep produk
    Konsep ini berpegang teguh pada anggapan bahwa konsumenn akan menyenangi produk yang menawarkan mutu, penampilan maupun keitimewaan dibandingkan produk sejenis. Karena itu organisasi perlu mengadakan perbaikan-perbaikan produk yang berkesinambungan
  3. Konsep penjualan
    Konsep penjualan menekankan pada anggapan bahwa konsumen tidak akan membeli produk, jika organisasi tidak melakukan usaha-usaha promosi dan penjualan. Konsep penjualan biasanya dialkukan pada produk-produk yang kurang diminati ata tidak terlalu di pikirkan oleh pembeli, seperti asuransi dan buku ensiklopedi. Karena itu perlu diupayakan teknik penjualan untuk mendapatkan pembeli potensial, misalnya dengan menerangkan manfaat produk bersangkutan.
  4. Konsep pemasaran
    Menurut konsep ini, kunci untuk mencapain keberhasilan sasaran organisasi adalah kejelian dalam menentukan kebutuhan keinginan pasar sasaran, serta mengupayakan pemenuhan kepuasan yang lebih baik ketikmbang apa yang dialkukan pesaing.
  5. Konsep pemasaran kemasyarakatan
    Menurut konsep ini tugas organisasi berhubungan dengan penentuan kebutuhan, keinginan, serta minat pasar sasaran dan untuk memberikan kepuasan yang lebih efisien dan efektif daripada pesaing dengan cara mempertahankan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat secara keseluruhan.

Bauran manajemen pemasaran adalah kegiatan pemasaran yang terpadu dan saling menunjang satu sama lain. Keberhasilan perusahaan dibidang pemasaran didukung oleh keberhasilan dalam memilih produk yang tepat, harga yang layaj, saluran distribusi yang baik, dan promosi yang efektif. Empat kebijaksanaan manajemen pemasaran yang sering disebut konsep empat P atau bauran pemasaran (marketing mix) tersebut adalah Produk (product), harag (price), saluran distribusi (place), dan promosi (promotion). Untuk mencapai tujuan pemasaran, keempat unsur tersebut harus saling mendukung, sehingga keberhasilan di bidang pemasaran diharapkan diikuti oleh kepuasan konsumen.

Anda ingin mendapatkan materi di atas secara full content???, Anda bisa bergabung di Layanan Membership Kumpulan Tugas akhir / skripsi, Tesis, Tugas Kuliah Secara Online dan Full Content. Klik banner di bawah ini:

Share Your Thoughts